Minggu, 28 Juli 2024

MGMP IPA Bulan Juli 2024

Berikut ini adalah dokumentasi MGMP IPA Kab. Sampang di Bulan Juli 2024 yang dilaksanakan pada :

Hari / Tanggal : Kamis / 25 Juli 2024

Tempat : SMPN 3 Sampang

Agenda : 

  1. Seminar " Pencegahan dan Penanganan Kekerasan di Satuan Pendidikan" oleh : A. Fauzanul Hakim, S.Pd, M.Pd (Guru IPA SMPN 1 Torjun dan Anggota Satgas Pencegahan dan Penanganan Kekerasan di Satuan Pendidikan Kab. Sampang)
  2. Berbagi Praktik Baik "Pembelajaran Berdeferensiasi Pada Mata Pembelajaran IPA)" Oleh Munhidhotul Ummah, S.Pd (Guru IPA SMPN 2 Tambelangan)

Notulensi kegiatan

Pembukaan :

Sambutan ketua MGMP IPA

Sambutan ketua MGMP IPA pada Kegiatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) IPA Kabupaten Sampang pada tanggal 25 Juli 2024 dimulai dengan menyampaikan rasa terima kasih kepada Bapak Teguh Suparyanto selaku Plt Kepala UPTD SMPN 3 Sampang yang telah menyediakan tempat untuk kegiatan ini. Rasa terima kasih juga disampaikan kepada seluruh anggota MGMP IPA yang telah menghadiri kegiatan ini dan berharap peran serta aktif anggota dalam kegiatan hari ini dan di masa depan.  

Sambutan Plt Kepala UPTD SMPN 3 Sampang

Bapak Teguh Suparyanto sebagai Plt Kepala UPTD SMPN 3 Sampang dalam sambutannya mengingatkan pentingnya menyesuaikan Capaian Pembelajaran (CP) terbaru dengan yang sekarang berlaku. Hal ini untuk memastikan bahwa pembelajaran yang dilakukan relevan dan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. Beliau juga mengingatkan bahwa pengelolaan kinerja periode 1 telah selesai dan meminta agar hasilnya segera dicetak dan dipindahkan ke periode berikutnya. Ditekankan agar pengelolaan kinerja dapat mencapai nilai di atas ekspektasi atau dengan kategori amat baik.

Pada akhir sambutannya beliau mengajak semua guru IPA untuk membuat minimal satu inovasi pembelajaran. Inovasi ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan efektivitas proses belajar mengajar.

Kegiatan Inti :

Pembahasan Program Kerja

Sebelum kegiatan dimulai terlebih dahulu dibahas tentang program kerja MGMP di semester ganjil tahun pelajaran 2024/2025. Materi yang ada di program kerja ini sebelumnya telah dishare melalui google form ke whatsapp grup MGMP IPA sehingga tinggal di lakukan plotting waktu pelaksanaan kegiatan. 

Berikut adalah program kerja yang telah disetujui :

PROGRAM KERJA

Berbagi Praktik Baik : Pembelajaran Berdeferensiasi pada Mata Pembelajaran IPA

Pembelajaran berdiferensiasi adalah pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa, di mana guru menyesuaikan pembelajaran untuk memenuhi kebutuhan individu setiap siswa. Hal ini dilakukan dengan mempertimbangkan berbagai aspek, seperti:

 * Kesiapan belajar: Kemampuan dan pengetahuan siswa dalam suatu topik tertentu.

 * Minat: Hal-hal yang menarik bagi siswa dan yang ingin mereka pelajari lebih lanjut.

 * Gaya belajar: Cara siswa yang paling efektif dalam memproses dan memahami informasi, seperti visual, auditori, atau kinestetik.

Tujuan pembelajaran berdiferensiasi adalah untuk:

 * Meningkatkan hasil belajar semua siswa.

 * Membantu siswa mencapai potensi penuh mereka.

 * Menciptakan lingkungan belajar yang positif dan inklusif.

 * Menumbuhkan motivasi dan minat belajar siswa.

Ada tiga elemen utama dalam pembelajaran berdiferensiasi:

 * Diferensiasi konten: Guru menyediakan berbagai pilihan konten belajar kepada siswa, seperti teks, video, gambar, dan aktivitas.

 * Diferensiasi proses: Guru menggunakan berbagai metode pengajaran untuk membantu siswa memahami konten, seperti ceramah, diskusi, kerja kelompok, dan proyek.

 * Diferensiasi produk: Guru memberikan berbagai pilihan tugas dan penilaian kepada siswa, sehingga mereka dapat menunjukkan pemahaman mereka dengan cara yang paling sesuai untuk mereka

Seminar : Pencegahan dan Penanganan Kekerasan di Satuan Pendidikan"

Definisi Kekerasan di Satuan Pendidikan:

Pengertian dan jenis-jenis kekerasan yang dapat terjadi di lingkungan sekolah, seperti fisik, verbal, psikologis, dan seksual. Faktor Penyebab Kekerasan:

Faktor internal (individu) dan eksternal (lingkungan) yang dapat menyebabkan terjadinya kekerasan di sekolah.

Dampak Kekerasan:

Dampak jangka pendek dan jangka panjang kekerasan terhadap korban, pelaku, dan lingkungan sekolah secara keseluruhan.

Strategi Pencegahan Kekerasan:

Penerapan kebijakan anti-kekerasan di sekolah, Peningkatan kesadaran dan pendidikan karakter untuk siswa, serra pembentukan tim pencegahan dan penanganan kekerasan di sekolah.

Prosedur Penanganan Kekerasan:

Langkah-langkah yang harus diambil oleh sekolah ketika mengetahui adanya kekerasan, termasuk pelaporan, investigasi, dan pemberian dukungan kepada korban serta melakukan kolaborasi dengan pihak-pihak terkait seperti orang tua, psikolog, dan pihak berwenang untuk menangani kasus kekerasan.

Penutup

Kegiatan MGMP IPA ini ditutup dengan doa yang dipimpin oleh Abdul Azis (Guru IPA SMPN 2 Omben)

Hasil kegiatan MGMP yang lebih lengkap dapat di Download pada link berikut :

SURAT UNDANGAN MGMP

DAFTAR HADIR MGMP

NOTULENSI KEGIATAN

FOTO KEGIATAN MGMP 

SERTIFIKAT SEMINAR

SERTIFIKAT BERBAGI PRAKTIK BAIK

Atau lebih lengkapnya ada pada link berikut :

HASIL MGMP IPA JULI 2024

Dokumentasi Kegiatan











Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MGMP IPA FEBRUARI 2025

Kegiatan MGMP IPA SMP Kab. Sampang dilaksanakan lagi pada bulan februari 2025. Kegiatan diselenggarakan di UPTD SMPN 2 Sampang  Berikut ini ...